Kisi - Kisi UKK IPA Kelas 8 Tahun 2016

Kisi - kisi UKK IPA tahun 2016 untuk SMP kelas 8. Silakan tinggal di download dengan cara klik "lepas" pada bagian pojok kanan atas dokumen. Semoga bermanmaaf dan jangan lupa terus belajar.


Fungsi kisi - kisi bagi siswa adalah sebagai dasar untuk belajar agar mempunyai gambaran terhadap soal yang akan keluar pada tes. Untuk memudahkan siswa dalam mencari bahan pelajaran untuk dihafalkan. Kisi - kisi ini bukan soal - soal yang akan keluar pada tes ujian, tapi hanya sekedar patokan agar soal tidak menyimpang dari bahan ajar.




KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
Mata Pelajaran                            : IPA
Kelas/Semester                          : VIII/2
Waktu                                        : 120 menit
Jumlah Soal                               : 40 butir soal
NO
Kompetensi dasar
Materi
Inikator Soal
Nomor soal
1
Mengindentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya  dan pengarunhya pada suatu gaya yang dikenai gaya
Jenis Gaya dan resultan gaya
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan pengaruh gaya terhadap gerak benda
1
Disajikan beberapa jenis gaya, siswa dapat menetukan gaya sentuh atau gaya tak sentuh
2
Diasikan gambar beberapa gaya dalam bentuk garis vekor yang bekerja pada benda, siswa dapat menentukan percepatan terbesar/terkecil
3
2
Menerapkan Hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari
Hukum Newton
Peserta didik dapat memberikan beberapa contoh penerapan hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari
4
Siswa dapat menentukan salah satu besaran pada Hukum II Newton jika parameter lain diketahui.
5
Peserta didik dapat memberikan contoh penerapan hukum Newton III dalam kehidupan sehari-hari
6
3
Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prisip usaha dan energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Prinsip usaha dan energi dan perubahan energi
Peserta didik dapat menjelaskan urutan perubahan energi pada saat benda jatuh atau dilempar ke atas
7
Peserta didik dapat menentukan besarnya usaha jika beberapa gaya segaris bekerja pada satu benda melalui gambar sebagai stimulus
8
Peserta didik dapat menentukan perbandingan energi antara dua benda yang massa dan ketinggiannya berbeda
9
Peserta didik dapat menentukan salah satu besaran pada energi kinetik ( E = ½ m.v2)
10
4
Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pesawat sederhana
Peserta didik dapat menyebutkan prinsip-prinsip yang berlaku pada tuas
11
Peserta didik dapat menentukan kuasa minimal untuk menahan beban pada katrol bergerak
12
Peserta didik dapat menetukan keuntungan mekanis terbesar atau terkecil dari beberapa bidang miring melalui gambar
13
Disajikan beberapa gambar pesawat sederhana, peserta didik dapat menentukan beberapa pesawat sederhana yang memiliki keuntungan mekanis sama
14
5
Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Tekanan benda padat, cair dan gas
Disajikan gambar beberapa balok yang berbeda, peserta didik dapat menentukan tekanan yang terbesar atau terkecil jika massa benda sama
15
Peserta didik dapat menentukan perbandingan tekanan hidrostatik antar kedalaman zat cair melalui gambar
16
Disajikan gambar beberapa posisi benda padat pada zat cair yang berbeda,  peserta didik dapat menentukan zat cair yang massa jenisnya terbesar atau terkecil
17
Peserta didik dapat menentukan gaya angkat atau gaya tekan pada alat hidrolik jika besaran lain diketahui melalui gambar sebagai stimulus
18
6
Mendiskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameternya
Getaran dan gelomabang
Peserta didik dapat menentukan gerak ayunan bandul yang melakukan sejumlah getaran melalui gambar sebagai stimulus
19
Disajikan gambar ayunan bandul,peserta didik dapat menentukan frekuensi ayunan jika data-data yang diperlukan diketahui
20
Peserta didik dapat menjelaskan bagian yang berpindah/tidak berpindah pada saat terjadi perambatan gelombang
21
Peserta didik dapat memberikan contoh gelombang transversal/longitudinal dalam kehidupan sehari-hari
22
Disajikan gambar gelombang dan parameternya, peserta didik dapat menentukan cepat rambat gelombang
23
7
Mendiskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
Bunyi
Peserta didik dapat menentukan beberapa syarat terdengarnya bunyi
24
Peserta didik dapat menentukan salah satu besaran pada peristiwa pemantulan bunyi
25
Disajikan gambar beberapa bandul yang digantung pada tali yang berbeda, peserta didik dapat menunjukkan bandul yang dapat berresonansi jika salah satu bandul diayunkan
26
Disajikan beberapa pernyataan berkaitan dengan bunyi pantul, peserta didik dapat menentukan manfaat bunyi pantul
27
8
Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
Pemantulan cahaya pada cermin datar
Disajikan gambar sinar jatuh pada cermin datar yang diketahui sudut antara sinar datang dengan cermin, peserta didik dapat menentukan besar sudut datang atau sudut pantul sinar tersebut.
28
Disajikan gambar benda di depan cermin datar, peserta didik dapat menentukan sifat bayangan yang terbentuk
29
Penatulan cahaya pada cermin cekung dan cembung
Disajikan beberapa pemantulan cahaya pada cermin cekung, peserta didik dapat menentukan arah pemantulan arah pemantulan cahaya yang benar
30
Disajikan gambar benda yang terletak di depan cermin cekung, dan bayangannya, peserta didik dapat menentukan posisi benda
31
Disajikan gambar benda di depan cermin cekung dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan perbesaran bayangan
32
Peserta didik dapat memberikan contoh pemakaian cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari
33
Pembiasan cahaya
Disajikan beberapa gambar pembiasan cahaya dari dua medaia optic berbeda, peserta didik dapat menentukan arah pembiasan cahaya yang benar
34
Disajikan beberapa pembiasan cahaya pada lensa cembung, peserta didik dapat menentukan arah pembiasan yang benar
35
Disajikan gambar benda di depan lensa cembung, peserta didik dapat menentukan perbesaran bayangan jika besaran lain diketahui
36
Disajikan gambar  benda di depan lensa cembung pada posisi tertentu, peserta didik dapat menentukan sifat bayangan yang terbentuk
37
Disajikan gambar benda didepan lensa cekung dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan jarak bayangan yang terbentuk
38
9
Mendiskripsikan alat optic dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Alat-alat optik
Peserta didik dapat menjelaskan letak jatuhnya bayangan pada mata miopi dan menentukan jenis lensa kacamata yang dapat membantunya
39
Peserta didik dapat menentukan letak benda pada lup dengan pengamatan mata berakomodasi maksimum atau akomodasi minimum dengan gambar.
40






Related Posts:



Sample 2 “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno) “Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput).